Senin, 17 Januari 2011

Soal UAS Etika Profesi Semester VII

Soal I
"Etika Propesi" terdiri dari dua kata, yaitu "Etika" dan "Profesi". Coba saudara jelaskan pengertian dari dua kata tersebut, dan bagaimana hubungannya dengan Hukum dan Moral?
Soal II
Dalam upaya memperoleh keunggulan kompetitif, para manager Teknik Informasi sangat menyadari pengaruh dari lingkungan perusahaan. Ada 8 elemen lingkungan perusahaan, coba saudara jelaskan 8 elemen lingkungan tersebut serta bagaimana pengaruhnya terhadap perusahaan Teknik Informasi?

Soal III
Pada saat mengakses internet, disadari atau tidak kita telah memberikan sebagian informasi tentang diri kita. Sehingga pada suatu saat mungkin kita akan mendapatkan semjumlah surat-surat elektronik (junk mail) yang tidak kita inginkan karena keberadaan informasi di media elektronik akan meningkatkan pemanfaatan informasi tersebut secara tidak sah. 
Pertanyaan : Bagaimana pernyataan diatas jika dihubungkan dengan privasi?
Soal IV
Teknologi Informasi selain banyak membawa manfaat juga ada sisi gelap yang membawa kerusakan (cybercrime). Seperti contoh berikut ini, seorang mahasiswa Indonesia di Jepang, mengembangkan aplikasi tukar-menukar file dan data elektronik secara online. Seseorang tanpa identitas meletakkan software bajakan dan video porno di server dimana aplikasi di install. Siapakah yang bersalah, dan siapakah yang harus diadili?
Jelaskan jawaban saudara berdasarkan UU No. 11 Tahun 2008
Soal V
Pengamanaan sistem jaringan sangat perlu dilakukan, hal ini disebabkan sistem jaringan merupakan tulang punggung komunikasi bagi seluruh modul e-goverment. Salah satu implementasi fisik yang dapat dilakukan adalah Firewall. Coba saudara gambarkan dan jelaskan cara kerja Firewall tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar